Apakah arus telah berubah dalam menjual organisasi nirlaba kepada donor?

Beberapa hari yang lalu, para peneliti berdiskusi dengan organisasi nirlaba global tentang upaya penggalangan dana mereka, dan diberi tahu bahwa organisasi tersebut tidak menerima hadiah yang dapat merusak integritasnya atau menempatkan badan amal dalam posisi yang canggung, yang merupakan hal yang baik. Badan amal itu tahu bahwa ia harus berpegang pada misinya dan tetap setia pada itu, bahkan jika itu berarti kehilangan uang donor. Kemudian, saya menemukan sebuah artikel di Organisasi nirlaba triwulanan Berjudul “Konsep Niat Baik Negatif: Kapan Hak Penamaan Melewati Batas?”

Perpustakaan Umum Kota New York

Saya tersenyum karena cendekiawan New York yang sama dulu pernah mengeluh bahwa Stephen A. Schwartzman, pendiri Blackstone, telah mengganti nama Perpustakaan Umum Pusat Kota New York di Fifth Street menjadi Gedung Stephen A. Schwarzman. Dalam benaknya, raksasa ini mengukir namanya di landmark kota New York yang memiliki makna sejarah. Dia bukan satu-satunya di New York yang merasa warisan pendirian telah ternoda.

SMA Abington

Dalam artikel tersebut, inilah Schwarzman lagi, kali ini di Pennsylvania, ingin mengubah nama sekolah menengahnya yang tersayang dari Abington High School menjadi Abington Schwartzman High School. Dia berusaha untuk menyumbangkan $25 juta ke pusat teknologi dan juga ingin persetujuan dari kontraktor yang ditunjuk untuk pusat teknologi yang akan dibangun. Kali ini masyarakat memberontak.

Petisi Change.org

Seperti disebutkan dalam artikel di atas, satu petisi di Change.org menyatakan, “Apakah $25 juta harga yang Anda tempatkan untuk semangat, kebanggaan, sejarah, dan kenangan ribuan dan ribuan alumni yang bersekolah di SMA Abington?” Petisi lain berbunyi, “Menghormati kesombongan berlebihan pria ini bukanlah hadiah untuk sekolah, itu adalah hadiah untuk dirinya sendiri. Dijual demi uang? Pesan macam apa yang dikirimkan kepada remaja?”

ketenaran negatif

Selama bertahun-tahun, ada banyak contoh lain dari donor besar yang meminta agar nama mereka ditempatkan di gedung, ruangan, perpustakaan, dan bahkan organisasi yang diganti namanya. Namun, peluang penamaan adalah keseimbangan yang harus memperhitungkan institusi dan warisannya. Dalam kasus Abington High School, sekolah tersebut memiliki warisan yang berarti di masyarakat yang jauh lebih dalam dan lebih luas daripada $25 juta yang dihasilkan Schwarzman.

kepemimpinan nirlaba

Saya bertanya-tanya apakah masyarakat tidak akan bereaksi negatif terhadap pengumuman perubahan nama sekolah jika seseorang dalam posisi kepemimpinan di sekolah (mungkin dewan sekolah atau kepala sekolah) meminta Schwartzman untuk mempertimbangkan kembali? Saya percaya, berdasarkan penjelasan, bahwa begitu Schwartzman memberikan $25 juta, sekolah akan melanjutkan rencana untuk mengubah nama sekolah menengah itu jika bukan karena reaksi balik.

Mengatasi peluang penamaan

Meskipun saya belum pernah bertemu Schwarzman, bagaimanapun, dia adalah orang yang tangguh dan menuntut yang berharap untuk menang. Namun, para pemimpin nirlaba harus mempertimbangkan sejarah dan makna yayasan mereka di dalam komunitas sebelum mereka menyetujui persyaratan yang ditetapkan oleh para donor untuk sumbangan besar. Saya menyadari bahwa mungkin sulit untuk mengatakan “tidak” pada banyak uang, terutama jika itu dapat membuat dampak yang besar, tetapi kenyataannya adalah bahwa masyarakat dan publik tidak suka mengalah pada kepentingan keuangan.

  • Jika Anda memiliki donatur di komunitas Anda yang ingin memberikan donasi yang mengubah permainan, jangan langsung masuk dan terima hadiahnya. Bahkan, bersiaplah untuk menjauh darinya, terutama sampai Anda benar-benar memahami terminologinya.
  • Jika ada permintaan untuk mengubah gedung atau bahkan nama organisasi Anda menjadi gedung donor utama, pikirkan baik-baik tentang pro dan kontra dari prosedur khusus ini. Apakah akan baik dengan komunitas Anda? Apakah masuk akal bagi organisasi? Apakah Anda dapat menerima hadiah dengan integritas?
  • Pertimbangkan jumlah hadiah versus biaya peluang penamaan. Dengan kata lain, jika Anda diminta untuk mengubah nama organisasi Anda, apakah sumbangannya cukup besar untuk melakukan tindakan seperti itu dan semua yang mungkin hilang dari Anda, termasuk niat baik dan mungkin dukungan dari donor lain?

Mungkin yang terjadi dengan Abington High School adalah awal dari sebuah tren di mana publik akhirnya bosan dengan kapitalis yang menghiasi nama mereka di institusi tanpa memperhatikan sejarah dan warisan organisasi di dalam masyarakat? Hanya waktu yang akan membuktikan apakah ini masalahnya, tetapi ada baiknya mengetahui bahwa ada organisasi yang tidak mengabaikan sejarah dan warisan dengan begitu mudah.